XAUUSD Rebound Saat Greenback Melemah Karena Panduan Fed yang Netral

XAUUSD Rebound Saat Greenback Melemah Karena Panduan Fed yang Netral

Diperbarui • 2023-08-09

XAUUSD memanfaatkan penurunan dolar AS yang didorong oleh sentimen pasar yang positif pada Rabu (09/08/2023). Bullion rebound karena para pembuat kebijakan Federal Reserve (Fed) mengantisipasi jika suku bunga oleh bank sentral telah mencapai puncak untuk saat ini. Selain itu, Fed bisa saja mempertimbangkan pemangkasan suku bunga tahun depan jika inflasi dan perekrutan tenaga kerja melambat terus melambat.

Untuk panduan kebijakan moneter bulan September, investor menantikan data Indeks Harga Konsumen (CPI) AS pada hari Kamis. Investor mengharapkan pemulihan CPI utama setelah periode yang lemah karena harga minyak yang pulih yang mengangkat harga bahan bakar. Perekrutan tenaga kerja di AS mencatat penurunan pada bulan Juli sementara Tingkat Pengangguran AS masih mendekati level terendah sepanjang sejarah. Data inflasi Juli saat ini akan menjadi dasar keputusan suku bunga berikutnya.

Indeks Dolar AS merasakan tekanan akibat panduan suku bunga yang netral dari para pembuat kebijakan Federal Reserve dan terkoreksi tajam menembus ke bawah level 102,40 karena sentimen pasar berubah menjadi positif, didukung oleh penetapan nilai tukar yang lebih kuat dari yang diharapkan oleh Bank Rakyat China (PBoC).

CPI utama dan CPI inti yang tidak termasuk harga pangan dan minyak yang volatil tingkat bulanan diperkirakan bertahan di 0,2% pada bulan Juli. Inflasi tahunan untuk CPI utama diharapkan akan naik menjadi 3,3% di atas data bulan Juni sebesar 3,0%. Sebaliknya, inflasi inti diperkirakan akan sedikit melambat menjadi 4,7% dari laporan sebelumnya 4,8%.

Perkiraan konsensus yang lebih tinggi untuk inflasi utama lebih dikarenakan oleh faktor pemulihan yang kuat dalam harga minyak global. Pemulihan dalam tekanan inflasi mungkin akan memaksa Fed untuk terus mempertimbangkan meningkatkan suku bunganya.

XAUUSD 09082023.jpg

Dengan melemahnya dolar AS, XAUUSD yang saat ini masih berada dalam tren Bearish dan bergerak di bawah Simple Moving Average (SMA) 50, yang menunjukkan tren jangka pendek, sedang berjuang untuk memperkecil tren penurunan pekan ini. Namun penurunan XAUUSD ini juga didukung oleh indikator Relative Strength Index yang masih tertahan di bawah angka 50.

Jika XAUUSD berhasil mengumpulkan kekuatan, setidaknya bullion harus lebih dulu menembus garis trendline H2 dan posisi BUY dapat dipertimbangkan di level 1,930 yang berpotensi naik menuju 1,940, dengan area target profit pada level  1,934/1,937. Namun, jika XAUUSD tidak cukup kuat untuk rebound, akan membuka peluang SELL pada level 1,924 dengan target profit pada level 1,920/1,916.

Menyerupai

Berita terbaru

Sanggupkan Emas Berlama-lama di Puncak?
Sanggupkan Emas Berlama-lama di Puncak?

XAUUSD naik ke rekor tertinggi baru pada perdagangan Senin (01/04/2024), di tengah meningkatnya spekulasi penurunan suku bunga..melanjutkan kenaikan kuat minggu lalu hingga membentuk level puncak baru sepanjang masa

Sebagian Pasar Masih Libur, Yen Stabil di Bawah 152
Sebagian Pasar Masih Libur, Yen Stabil di Bawah 152

Pasar saham Asia sebagian masih libur dan sebagian lagi menguat pada perdagangan Senin (01/04/2024), karena optimisme data pabrikan Tiongkok mendukung..potensi intervensi otoritas Jepang terhadap yen Jepang diperkirakan berada di zona 152 – 155 yen. 

Deposit dengan sistem pembayaran bank lokal DI INDONESIA

Pemberitahuan pengumpulan data

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.

Ditelepon kembali

Manajer kami akan menghubungi Anda

Merubah nomor

Permintaan Anda diterima.

Manajer kami akan menghubungi Anda

Permintaan panggilan balik berikutnya untuk nomor telepon ini
akan tersedia setelah

Jika Anda memiliki masalah mendesak, silakan hubungi kami melalui
Live chat

Internal error. Silahkan coba lagi

Jangan buang waktu Anda – tetap awasi dampak NFP terhadap dolar dan raup profitnya!

Anda menggunakan versi browser lama Anda.

Perbarui ke versi terbaru atau coba yang lain untuk pengalaman trading yang lebih aman, lebih nyaman dan produktif.

Safari Chrome Firefox Opera